Basmi Hama Tikus, Danramil Srumbung Bersama Masyarakat Lakukan ” Gropyokan ”

 

SRUMBUNG, lintasmagelang.com – Banyak tanaman petani yang ludes diserang hama tikus yang mengakibatkan gagal panen. Oleh karena itu hama tikus menjadi ancaman serius bagi kelangsungan pertumbuhan tanaman pangan.

sabar lur..

Dalam menangani permasalahan tersebut, Danramil Srumbung Kapten Inf I Ketut Kukuh Adiworo, S.Sos bersama Forpimcam, Kepala Desa Bringin dan Perangkat, Bhabinkamtibmas, PPL serta Kelompok Tani Ngudi Makmur 2 Jamblangan Bringin melaksanakan gropyokan tikus di area persawahan Dusun Jamblangan Kulon Desa Bringin Kecamatan Srumbung Magelang, Senin ( 12/10/2020).

Danramil Srumbung lakukan gropyokan, Foto : Istimewa

Berbagai alat digunakan dalam gropyokan tikus kali ini seperti Senapan angin, kayu, lingis, cangkul dan bambu. Bahkan forkompimcam Srumbung terjun langsung ke sawah guna memberikan semangat kepada warga dalam kegiatan tersebut.

” Hal ini bertujuan supaya populasi tikus tidak berkembang biak. Sebab tikus mampu merusak tanaman pangan seperti padi, ketela, jagung dan ketela yang sedang tumbuh di areal persawahan.” Kata Kapten Inf Ketut

Menurutnya, di masa tanam seperti ini para petani harus mewaspadai serangan hama tikus. Semua pihak diharapkan dapat tanggap terhadap situasi yang ada supaya petani tidak mengalami gagal panen karena serangan hama tikus. Ketut melanjutkan jika kegiatan gropyokan seperti ini berguna untuk mengantisipasi kerusakan tanaman pangan yang di timbulkan oleh tikus sawah.

” Harapannya dengan diadakan gropyokan, hama tikus dapat mengurangi populasi hama tikus sehingga tanaman padi dapat tumbuh dengan baik tanpa ada gangguan serangan tikus dan hasil panen dapat mak sesuai harapan. Jika hama tikus bisa kita cegah, maka panen akan melimpah dan lebih baik” pungkas Danramil.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *