Cek Kesiapan Personil, Dandim Berikan Pujian Kepada Posko PPKM Mikro Kembanglimus

BOROBUDUR,lintasmagelang.com – Posko PPKM skala mikro di Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang mendapatkan tinjauan dari Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Rohmadi, S.Sos, M.Tr(Han), Kamis (18/2/2021) sekitar pukul 13.11 Wib.

Petugas jaga posko melakukan serangkaian pemeriksaan kepada Dandim sebelum memasuki Posko, termasuk pengecekan suhu tubuh.

“Nah, ini yang benar. Pemeriksaan suhu tubuh itu penting karena untuk mendeteksi apakah yang bersangkutan sedang dalam kondisi sehat atau tidak.” ucap Dandim Letkol Arm Rohmadi.

sabar lur..
Dandim 07/05 Magelang mengecek kesiapan personil di Posko PPKM Mikro Kembanglimus, Borobudur, Foto : Istimewa

Perwira menengah melati dua di pundak tersebut mengunjungi posko PPKM skala mikro di desa tersebut untuk mengetahui secara langsung kesiapan personil posko termasuk fasilitasnya, dengan didampingi oleh Camat Borobudur Amin Sudrajad, Danramil Borobudur Kapten Inf Sutikno, Kapolsek Borobudur AKP Sigit A dan Danunit Intel Kodim Lettu Aris, disambut oleh Kades Ibu Soetji Arimbi, Babinsa Serda Pramujo, Bhabinkamtibmas Aiptu Prasetiyono dan Bidan Desa Indarwati serta relawan OPRB.

” Kami sempatkan memeriksa sejumlah item fasilitas yang digunakan oleh petugas di posko ini tadi. Kemudian juga termasuk data-data maupun kondisi ruang isolasi.” Lanjutnya.

Menurutnya, saat itu di lokasi Posko PPKM Mikro Kembanglimus tidak terdapat warga yang sedang melakukan isolasi. Namun menurut  Bidan Desa setempat mengatakan jika terdapat dua warganya yang sedang melakukan isolasi mandiri dirumah.

” Tadi dijawab oleh ibu bidan, ibu Indarwati jika saat ini tidak ada yang diisolasi ditempat ini. Nun terdapat dua warga yang sedang menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing.” Jelas Rochmadi

Dijelaskannya jika posko PPKM mikro tersebut adalah penanganan covid-19 di tingkat desa dan memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung. Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas. Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa.

“Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” ujar Dandim.

Seperti yang diketahui, Posko PPKM skala mikro ini dioperasionalkan sejak tanggal 9 Februari 2021. Beberapa personil gabungan dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, bidan Desa dan relawan berada di posko tersebut 24 jam.

” Hal ini dilakukan guna memaksimalkan pengawasan, pencegahan dan penegakan protokol kesehatan agar penukaran covid-19 ini, betul-betul bisa diakhiri,” Kata Babinsa Serda Pramujo yang turut mendampingi Dandim 07/05 Magelang saat itu.(Dw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *