SALAM, lintasmagelang.com – Dalam rangka menggali potensi budaya masyarakat yang hidup di sekitar Situs Cagar Budaya, Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni Dan Budaya Yogyakarta, Dr Dra Sarjilah MPd kunjungi situs Candi Gunung Wukir yang berada wilayah Desa Kadiluwih Kecamatan Salam, Senin 12/10/2020 sekitar pukul 10.00 wib.

” It’s Wonderful Indonesia. Saya mengapresiasi bahwa ini adalah sebuah kekayaan harta Karun yang perlu dijaga dan dirawat dan diselamatkan. Ini merupakan bagian dari sejarah Indonesia.” Kata Sarjilah setelah puas mengagumi Situs Candi Wangsa Sanjaya tersebut.

Drs Sarjilah MPd bersama tim mengunjungi Candi Gunung Wukir, Foto : Dharma

Dalam kesempatan tersebut dirinya mengharapkan agar semuanya terutama masyarakat sekitar dapat memaknai apa yang sudah dibuat oleh nenek moyang. Selain memaknai menurutnya perlu adanya pengembangan potensi-potensi yang ada dan berkembang di masyarakat sekitar.

sabar lur..

” Potensi yang timbul dan berkembang di masyarakat sekitar situs ini harus terus digali. Pelajar pun dari sini dapat belajar banyak tentang sejarah. Saya tadi kaget dan takjub, oh ternyata ini toh yang saya baca 40 tahun yang lalu. Baru sekarang saya dapat melihatnya secara langsung terkait dengan prasasti Canggal.” Lanjutnya.

Sarjilah melanjutkan terkait apa yang dilihatnya di situs tersebut dan kehidupan masyarakat sekitar, sangat memungkinkan jika pelajar bukan hanya belajar sejarah melalui tulisan namun harapannya ada sebuah pembaharuan dengan belajar langsung di lapangan.

” Kalau pembelajaran dapat terintegrated betul, nantinya juga akan membawa kepada nilai-nilai kepribadian secara utuh, pemaknaan Indonesia hingga kepada karakter Indonesia bahkan rasa memiliki Indonesia itu akan menjadi lebih kuat.” Jelasnya.

Dirinya menjelaskan perlu adanya sebuah karya yang nyata untuk dapat mendukung pengembangan potensi masyarakat sekitar.  Sehingga nantinya kawasan tersebut dapat menjadi sebuah objek wisata dengan segala potensi yang ada di masyarakat.

” Yang pasti bagaimana nantinya potensi-potensi tersebut dapat dikembangkan bahkan dapat mensejahterakan masyarakat sekitar. Dengan kebudayaan yang ada, seni budaya yang dimiliki serta potensi lokal lainnya saya yakin hal ini dapat berkembang.” Tandasnya.

Bahkan dalam kesempatan itu dirinya menggandeng beberapa sineas seperti Brisman HS, Erwito Wibowo dan Herry Apayess untuk dapat terjun langsung melihat potensi yang ada untuk dikembangkan menjadi sebuah karya film yang menarik dan penuh dengan edukasi.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *