Kabel Listrik Putus Tertimpa Ranting Pohon, Kandang Ternak Habis Terbakar

SAWANGAN,lintasmagelang.com – Sebuah kabel listrik yang putus karena tertimpa ranting pohon, menyebabkan sejumlah kandang ternak hangus terbakar di Kecamatan Sawangan, Kamis 25/02/2021.

Peristiwa yang terjadi pada pukul 14.22 wib tersebut menghanguskan sejumlah kandang ternak yang berada di Dusun Sigug RT 03/08 Desa Sawangan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Hal tersebut diketahui dari Kepala UPT Damkar Kabupaten Magelang, Didik Wahyu Nugroho, ST

” Kami mendapatkan laporan dari saksi yang juga merupakan perangkat desa setempat jika terjadi kebakaran yang menimpa sejumlah kandang ternak di Sawangan,” Kata Didik

sabar lur..
Petugas Damkar Kabupaten Magelang sedang memadamkan api, Foto : Istimewa

Menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya segera menuju ke lokasi kejadian dengan mengirimkan 4 unit mobil pompa, 1 tangki suplay, unit rescue serta ambulance.

” Ketika kami tiba dilokasi, masyarakat sudah berada disana untuk membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya,” lanjutnya.

Menurut Didik, sesuai dengan informasi yang dihimpun di lapangan jika kronologi kejadian berawal dari sebuah ranting pohon yang patah, mengenai kabel listrik yang berada tidak jauh dari kandang ternak tersebut.

” Kabel yang tertimpa ranting itu putus sehingga menimbulkan percikan api. Kebetulan dibawahnya terdapat beberapa kandang ternak. Api merembet ke situ,” jelasnya.

Adapun kandang ternak yang terbakar adalah milik Sulastri (55) dengan kondisi seluruhnya hangus terbakar. Sementara kandang milik Bejo Mulyono (40) sekitar 50 persen bagian yang terbakar dan kandang milik Sudarsono (70) sekitar 80 persen bagian yang terbakar.

” Alhamdulillah kurang dari 30 menit, api dapat dipadamkan dengan aman. Kami dibantu oleh anggota Polsek Sawangan, Koramil Sawangan, Perangkat Desa setempat, Relawan dan Warga Sekitar,” Ungkapnya.

Tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Kerugian material diperkirakan mencapai angka 9 juta rupiah.

” Yang bisa diselamatkan tadi ada 5 ekor kambing, 20 ekor bebek dan 5 rumah yang berada di sekitarnya. Untuk itu saya berharap jika terdapat pohon ataupun ranting yang dianggap sudah membahayakan atau berdekatan dengan jaringan listrik, segera melapor ke petugas untuk dilakukan pengamanan.” Pungkasnya.(Dw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *