KAPOLSEK MUNGKID PIMPIN PATROLI MALAM, SISIR DAERAH RAWAN KEJAHATAN

MUNGKID – Antisipasi aksi kejahatan dan sosialisasi keamanan ditengah pandemi Covid-I9 terus digencarkan oleh berbagai pihak. Senin 27/04/2020 Kapolsek Mungkid AKP Muhammad Ahdi memimpin giat patroli keamanan di wilayah Kecamatan Mungkid.

Patroli yang dimulai sekitar pukul 22.30 tersebut juga melibatkan masyarakat sekitar yang tergabung dalam sebuah Komunitas Bumirejo Resque. Sasaran patroli tersebut adalah jalan-jalan gelap yang sangat berpotensi dijadikan tempat untuk tindak kriminalitas. Untuk mengefisiensikan patroli malam itu, Muhammad Ahdi mengarahkan untuk tim yang bertugas dibagi menjadi dua regu. Regu pertama menyisir sebelah barat jalan Soekarno Hatta, sementara regu yang kedua menyisir sebelah timur.

“ Biar lebih efisien, malam ini kita bagi menjadi dua regu, satu wilayah barat dan satu lagi wilayah timur. Jangan lupa tetap santun dan humanis. Pos jaga yang dijumpai di sepanjang rute disapa, dan diaruhke. Tetap kita lakukan sosialisasi dengan mengedepankan sosial distancing. “ Kata M Ahdi.

sabar lur..

Dirinya juga mengatakan jiga kegiatan patroli yang diikuti kurang lebih 20 personil malam tersebut adalah untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang saat ini resah terhadap beredarnya sejumlah kabar terkait dengan aksi kejahatan di tengah pandemi Covid-I9.

“ Untuk itu kita ingin memberikan rasa aman dengan melakukan patroli gabungan , kita memberdayakan potensi masyarakat seperti Bumirejo Reque yang saat ini bergabung untuk melaksanakan patroli. “ Tambahnya.

Untuk kegiatan patroli tersebut menurut Muhammad Ahdi secara mandiri dari jajaran TNI, Polri sudah melaksanakannya siang dan malam. Dengan sasaran adalah memberikan himbauan kepada masyrakat tentang protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-I9, termasuk larangan untuk berkumpul, melaksanakan fisikal distancing dan menggunakan masker.

“ Kemudian sasaran kami adalah mengantisipasi adanya tindak kriminalitas karena dampak Covid-I9 tersebut. Kita selalu berupaya meminimalisir potensi tindak kejahatan. Objek vital menjadi pokok atensi kami, seperti Telkom, PLN, PDAM, Sekolah-sekolah dan toko-toko sembako. Ini yang sering menjadi sasaran. “ Jelasnya.

Terkait dengan maraknya peredaran pesan berantai melalui Whatsapp dan media sosial tentang aksi kejahatan yang terjadi di beberapa tempat, dirinya mengatakan jika beberapa berita tersebut sudah dilakukan pengecekan dan dipastikan adalah berita yang tidak benar atau hoaks.

“ ya beberapa malam ini masyarakat melalui media sosial di resahkan dengan adanya banyak pelaku kejahatan disana-sini, beberapa berita tersebut sudah kami cek kebenarannya dan ternyata itu adalah berita hoaks. Dan kemarin kami sudah melakukan pengangkapan terhadap satu orang yang menyebarkan hoaks. Namun demikian kita tetap tidak meninggalkan kewaspadaan.” Tambahnya.

Dirinya berharap masyarakat semakin disiplin untuk tetap mengikuti protokol pencegahan penularan Covid-I9. Untuk yang ingin mudik, dirinya mengharap agar menunda dahulu kegiatan mudiknya sampai kondisi benar-benar dinyatakan aman.

“ Tingkatkan siskamling, jam malam perlu dilakukan. Untuk pintu masuk kampung diatas jam 22 sebaiknya ditutup. “ pungkasnya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *