Pengganjal Mesin ATM Dan Gasak Uang Puluhan Juta, Dua Pelaku Ditangkap

KOTA MUNGKID, lintasmagelang.com – Dua orang pelaku yang menggasak uang puluhan juta rupiah dengan berpura-pura menolong ketika ATM Offline, berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Magelang. Pencurian dengan pemberatan tersebut dilakukan dengan modus mengganjal mesin ATM sehingga mesin tersebut tidak berfungsi.

” Dua orang pelaku yang berhasil diamankan berinisial HE (40) warga Grabag Kabupaten Magelang dan MRS (22) warga Lampung Selatan. Saat ini keduanya sedang dilakukan penahanan dalam proses penyidikan.” Kata Kapolres Magelang melalui Kasatreskrim Polres Magelang Akp Hadi Handoko, S.H., S.I.K saat menggelar konferensi pers ungkap kasus di lobi Mako Polres Magelang, Kamis 11/02/2021.

Modus pelaku adalah dengan menunggu korban yang hendak mengambil uang menggunakan ATM. Ketika korban tidak dapat mengambil uang karena mesin ATM sebelumnya sudah diganjal, pelaku kemudian masuk dan berpura-pura memberikan pertolongan kepada korban.

sabar lur..

” Dengan dalih menolong itu, pelaku meminta korban menyebut nomor PIN ATM milik korban. Pelaku juga menyarankan korban untuk melapor ke pihak Bank jika ATM nya tertelan.

Saat korban meninggalkan mesin ATM untuk melaporkan ke pihak bank, MRS kemudian mematikan listrik gerai ATM dan kartu ATM otomatis keluar. Setelah itu MRS menghidupkan kembali listrik di gerai ATM dan mengambil kartu ATM serta ganjal tusuk gigi kemudian tersangka menggunakan kartu ATM dengan pasword yang sudah diketahui dari korban.

Konferensi pers ungkap kasus Curhat di Mako Polres Magelang, Foto : Tohir

” Pelaku berhasil mengambil uang tunai di gerai ATM bank BRI tempuran sebesar dua puluh satu juta rupiah dan kedua pelaku ini sudah beberapa kali melakukan perbuatanya di wilayah Magelang.

Pencurian Uang tunai yang menggunakan modus ganjal ATM oleh kedua tersangka berinisial HE dan MRS terjadi pada Sabtu(26/1/2021) pukul 05.15 Wib di gerai ATM bank BRI Tempuran Kabupaten Magelang, bahkan turut dijelaskannya jika pelaku tersebut  sebelumnya melakukan aksinya di ATM Mandiri Grabag sebanyak dua kali, ATM CIMB Niaga Spbu Salaman dan ATM bank BRI Bawen Semarang. Dan kedua pelaku berhasil di tangkap di RSUD Tidar Kota Magelang.

“Tersangka HE kita tangkap  saat menunggu istri yang mau melahirkan dan kebetulan saat itu tersangka MRS sedang bertemu tersangka HE, jadi kami lakukan penangkapan keduanya,” ujar Akp Hadi.Handoko.

Dalam keteranganya kepada media Kasatreskrim Akp Hadi Handoko, S.H., S.I.K menegaskan tersangka saat ini dilakukan penahanan dan dijerat dengan pasal Pencurian Dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara.

Sementara itu Kasubbaghumas Polres Magelang Iptu Abdul.Muthohir, SH menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tidak memberikan PIN kartu ATM kepada siapapun. Hal ini guna mencegah terjadinya kejadian yang sama.

“Kami mengimbau kepada masyarakat luas, pada khususnya para nasabah bank yang memiliki kartu ATM untuk tidak memberikan PIN kartu ATM kepada siapapun guna mencegah terjadinya kejadian yang sama”. Ujarnya.(Dw/Thr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *