Semakin Baik, 103 PDP Di Kabupaten Magelang Dinyatakan Sembuh

MAGELANG – Sebanyak 103 PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di Kabupaten Magelang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Data tersebut diketahui dari rilis perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang Kamis (07/05) sore ini. Jumlah PDP dan terkonfirmasi positif hingga pukul 15.00 wib tidak ada perubahan. Masih seperti sehari sebelumnya. Untuk PDP ada 20 orang dan yang terkonfirmasi positif juga masih tetap 28 orang.

“Untuk jumlah PDP yang meninggal sampai dengan hari ini masih sama seperti kemarin, yakni 19 orang. Sedang yang terkonfirmasi positif meninggal ada dua orang. Untuk PDP yang membaik atau sembuh juga masih 103 orang. Sedang yang terkonfirmasi positif sembuh ada tiga orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Disampaikan Nanda, jika perubahan hanya terjadi pada Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Jika sebelumnya ada 95 orang, hari ini ada tujuh yang lolos pantau. Namun demikian ada tambahan satu ODP. Sehingga jumlah ODP hingga saat ini ada 89 orang,” ungkapnya.

sabar lur..

Sementara dari jumlah 28 orang terkonfirmasi positif itu, lanjut Nanda, tercatat ada 12 orang yang melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas kesehatan dan gugus tugas. Sedang sisanya sebanyak 16 orang, dirawat di beberapa Rumah Sakit (RS). Untuk PDP yang dirawat di RS, seluruhnya ada 20 orang atau tidak ada yang melakukan isolasi mandiri.

“Untuk yang dirawat di rumah sakit itu, ada di RSUD Tidar, RST Soedjono, RSJ Soerojo dan RSUD Muntilan,” ujarnya.

Dijelaskan, baik untuk PDP maupun terkonfirmasi positif tanpa gejala apapun sesuai dengan pedoman penatalaksanaan Covid-19, akan obati dan dilakukan isolasi mandiri di rumah atau tempat yang ditentukan. Sementara bagi yang terkonfirmasi yang disertai dengan gejala sesak nafas, akan dirujuk ke rumah sakit.

“Untuk para kontak eratnya, kita lakukan pemeriksaan rapid test dan dilakukan juga isolasi mandiri. Apabila hasil rapid test positif, akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab sebagai dasar penatalaksanaan selanjutnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya kembali menyampaikan himbauan dari Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP agar warga menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama dilingkungan masing-masing.

“Baik disiplin soal bekerja, belajar dan beribadah di rumah, memakai masker saat keluar rumah, menunda mudik, jaga jarak minimal 1 hingga 2 meter, sering mencuci tangan pakai sabun, menunda mudik, konsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh,” pungkasnya.(Dw/Bag)

(Foto : Iustrasi Petugas medis memberikan selamat kepada pasien yang sembuh. Sumber Internet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *