SALAMAN, lintasmagelang.com – Tanah bergerak terjadi di Dusun Tobong Desa Margoyoso Kecamatan Salaman baru-baru ini. Tanah bergerak tersebut mengakibatkan satu buah rumah milik Asriyanto yang dihuni oleh 5 jiwa mengalami kerusakan berat. Hal tersebut diungkapkan oleh Satgas penanggulangan bencana BPBD Kabupaten Magelang, Nur Fanani Rabu 14/10/2020.

” Peristiwa itu diketahui sudah dua kali sebenarnya yaitu pada Senin 05/10 dan Sabtu 10/10 kemarin. Diawali dengan turunnya hujan dengan intensitas sedang pada malam harinya sehingga menyebabkan adanya rekahan tanah.” Katanya

Kondisi pondasi rumah yang rusak akibat tanah bergerak, Foto : istimewa

Menurutnya rekahan tanah selebar 0,5 sampai 5 cm sepanjang 70 meter tersebut mengakibatkan konstruksi rumah Asriyanto mengalami kerusakan sehingga doyong, pondasi bergeser, kontruksi beton patah, tembok mengalami retak dan cembung.

sabar lur..

” Retakan itu juga menimpa kamar mandi rumah milik Slamet markam dan juga menimpa di dapur rumah milik Sarohman. Namun yang mengalami kerusakan berat yaitu milik Asriyanto. Dan sekarang yang bersangkutan terpaksa pindah di rumah tetangga sebelahnya.” Lanjutnya

Tim BPBD Kabupaten Magelang menurutnya segera berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Setempat guna melakukan pembongkaran terhadap rumah Asriyanto yang mengalami kerusakan berat.

” Rencananya dalam waktu dekat akan dibongkar untuk rumah yang mengalami kerusakan berat daripada nantinya membahayakan keselamatan warga. Kami berkoordinasi dengan Pemerintah Desa setempat mengenai hal tersebut, supaya dapat segera terlaksana.” Ungkapnya.(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *